• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    . Pengaruh strategi pembelajaran Genius Learning terhadap pemecahan masalah matematika siswa pada materi segitiga dikelas VII SMP Dharma Bakti Padang Bilan. Skripsi, Program Studi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan

    Thumbnail
    View/Open
    ervi ernita.docx (110.6Kb)
    Date
    2015-03-25
    Author
    Pardede, Monita Ferawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Genius Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siwa pada materi Segitiga Di Kelas VII SMP Dharma Bakti Padang Bulan T.A 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Dharma Bakti Padang Bulan T.A 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X-2 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes dalam bentuk uraian yang berjumlah 5 butir soal. Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor pemecahan masalah matematika siswa diperoleh LHitung = 0,117 jika dibandingkan untuk pada taraf signifikan ternyata maka kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut berdistribusi normal. Hasil uji signifikasi regresi genius learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh FHitung = 38,57 dan ternyata , sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan . Pada uji linieritas regresi diperoleh dan maka , sehingga persamaan regresi dinyatakan linear. Dari hasil uji signifikasi regresi dan uji linieritas regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Genius Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segitiga SMP Dharma Bakti Padang Bulan. Kontribusi strategi pembelajaran Genius Learning terhadapa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada materi segitiga sebesar 57,93% dijelaskan melalui hubungan .
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/181
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback