• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN DAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IS SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA TAHUN AJARAN 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Sulastri O. Sitorus.pdf (230.4Kb)
    Date
    2018-10-08
    Author
    Sitorus, Sulastri Oktoprida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan pemberian penguatan dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Is SMA Negeri 1 Silima punggapungga tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan populasi sebagian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silima Punggapungga yaitu sebanyak 52 siswa dari tiga kelas dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi (DKN), nilai ulangan harian dan penyebaran angket. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dan menguji hipotesis digunakan rumus uji t, F dan koefisien determinasi (R²). Berdasarkan uji regresi linear berganda Y = 56.396 + 0.123(X1) + 0.115(X2) + e dan uji t untuk variable pemberian penguatan (X1) diperoleh Nilai thitung untuk Pemberian Penguatan (X1) sebesar (2.088) > ttabel (2.009) dengan nilai signifikansi (0.042) <alpha (0.05). hal ini berarti pemberian penguatanmemiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variabel kreativitas belajar (X2) diperoleh thitung sebesar (2.192) > ttabel (2.009) dengan nilai signifikansi (0.033) <alpha (0.05), hal ini berarti kreativitas belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Selanjutnya untuk uji F diperoleh bahwa Fhitung (3.933) dengan tingkat signifikansi (0.026). Sementara nilai Ftabel pada alpha (0.05) adalah 3.18. Oleh karena itu, Fhitung > Ftabel dan tingkat signifikansi (0.026) <alpha (0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan dan kreativitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Is SMA Negeri 1 Silima Punggapungga Tahun Ajaran 2018/2019 secara simultan atau bersama–sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1717
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [281]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback