Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe CO-OP CO-OP Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 1 Salak T.A.2018/2019
Abstract
Penelitian ini merupakan quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CO-OP CO-OP terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Salak.
Berdasarkan rata-rata hasil observasi aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran CO-OP CO-OP adalah 82,3 dengan nilai terendah 72 dan nilai tertinggi 97. Sedangkan untuk hasil post-test yang dilihat dari hasil belajar siswa memiliki rata-rata 83,3dengan nilai terendah 71 dan nilai tertinggi 93. Berdasarkan nilai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa diperoleh persamaan regresi , artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe CO-OP CO-OP sebesar 1 satuan akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,099 satuan. Pada persamaan regresi hasil belajar siswa diperoleh nilai b bertanda positif, yang artinya bahwa kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Dari uji keberartian regresi pada hasil belajar siswa diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 28,0003 > 4,20maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap variabel Y atau ada pengaruh antara model belajar CO-OP CO-OP terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan koefisien kolerasi pada hasil belajar siswa diperoleh r = 0,6558 berarti pengaruh model belajar CO-OP CO-OP terhadap hasil belajar siswa adalah kuat/tinggi. Karena dilihat dari thitunghasil belajar siswa bahwa thitung > ttabel maka pengujian hipotesis tolak H0 dan Ha diterima maka disimpulkan ada hubungan yang berarti model belajar CO-OP CO-OP terhadap hasil belajar siswa. Kemudian pada hasil perhitungan koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y1 diperoleh r2 = 36,36%, Nilai koefisien determinasi r2= 0,3636. Maka dapat diperoleh besar pengaruh model belajar CO-OP CO-OP terhadap hasil belajar siswa adalah 36,36%, dan pada hubungan X terhadap Ydiperoleh koefisien determinasi dari hasil perhitungan r2 = 27,556%. Nilai koefisien determinasi r2 = 0,27556. Maka, dapat diperoleh besar pengaruh model belajar CO-OP CO-OP terhadap hasil belajar siswa adalah 27,556%.
Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhmodel pembelajaran CO-OPCO-OP terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikianmodel pembelajaran CO-OPCO-OPdapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]