Strategi Pembelajaran Kelas Biola Pada Kegiatan Ekatrakurikuler di Sekolah Global Prima Medan
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pembelajaran Kelas Biola Pada Kegiatan Ekatrakurikuler di Sekolah Global Prima Medan. Sekolah Global Prima Medan menyediakan kegiatan ekstrakurikuler biola dengan tujuan untuk mengembangkan bakat dan minat anak didik dalam musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Strategi yang digunakan oleh pengajar dalam proses pembelajaran biola pada kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Global Prima Medan yaitu Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan strategi PBL anak didik mampu memainkan alat musik biola dengan baik, dikatakan baik karena anak didik sudah mampu memainkan tangga nada dan lagu. Selain itu,dapat dilihat juga dari berbagai kegiatan yang telah diikuti oleh anak didik dalam acara Festival GSMS (Gerakan Seniman Masuk Sekolah) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan. Di dalam acara tersebut anak didik menjadi peserta ansambel biola.Kemudian dalam acara Hofmann Festival Violin yang diselenggarakan oleh Medan Musik seorang anak didik telah meraih juara dua diamond kategori beginner. Selain itu anak didik juga telah mengadakan konser dalam acara hari ulang tahun Sekolah Global Prima Medan.
Collections
- Seni Musik [141]