• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMP Negeri 2 Siempatnempu Hulu T.P. 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Cari Ada Sianturi.pdf (545.6Kb)
    Date
    2018-09-28
    Author
    Sianturi, Cari Ada
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Siempatnempu Hulu T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment research) dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siempatnempu Hulu T.P. 2017/2018. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-A). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresi untuk Y1 diperoleh Y ̂=1,862+0,993X , dan persamaan regresi untuk Y2 diperoleh Y ̂=-1,343+0,987X. Kemudian dilakukan uji kelinearan regresi sehingga diperoleh Fhitung < Ftabel dimana untuk X terhadap Y1 diperoleh -1,069 < 2,41, dan pada X terhadap Y2 diperoleh -0,427 < 2,41maka Ha diterima sehingga kedua variabel mempunyai hubungan yang linear. Setelah itu dilakukan uji keberartian regresi dengan Fhitung > Ftabel dimana untuk X terhadap Y1 diperoleh 28 > 4,20, dan pada X terhadap Y2 diperoleh 28 > 4,20, maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang berarti. Hasil perhitungan koefisien determinasi pada X terhadap Y1 diperoleh r2 = 77,28% dan pada X terhadap Y2 diperoleh r2 = 52,30%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Siempatnempu Hulu, sehingga dapat diterapkan menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1687
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback