• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Yenni Br. Sipahutar.pdf (379.5Kb)
    Date
    2018-10-12
    Author
    Br. Sipahutar, Yenni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimendengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-9). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Dari uji keberartian regresi Fhitung> Ftabel (kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik) diperoleh 49,673 > 4,20 , Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y atau pengaruh antara pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Sedangkan uji keberatian regresi Fhitung > Ftabel (kemampuan kreativitas matematika peserta didik) diperoleh 5,594 > 4,20 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y atau pengaruh antara pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan kreativitas peserta didik. Dari uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,779. Dari uji keberartian koefisien korelasi (kemampuan pemecahan masalah) diperoleh thitung = 11,692 dan ttabel = 2,048 karena dilihat dari kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak Ho dan Ha diterima. Sedangkan uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,408.Dari uji keberartian koefisien korelasi (kemampuan kreativitas) diperoleh thitung = 2,364 dan ttabel = 2,048 karena dilihat dari kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak Ho dan Ha diterima. Maka ada hubungan yang kuat/tinggi pada pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematika. Dari hasil diatasn dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikn dengan menggunakan model pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan maslah dan kreativitas matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1684
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback