• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Ajar Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)

    Thumbnail
    View/Open
    Fitri Debora Simanullang.pdf (284.1Kb)
    Date
    2018-08-18
    Author
    Simanullang, Fitri Debora
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada materi ajar sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adal tes dan observasi. Berdasarkanrefleksisiklus I, dilakukanperbaikanpadasiklus II.Nilai rata-rata observasi guru di sikluspertemuan 1 adalah 2.71 danpadapertemuan 2 adalah 3 danmengalamipeningkatandisiklus II yaitupadapertemuan 1 adalah 3.43 kategoribaikdanpadapertemuan 2 adalah 3.71 dengankategorisangatbaik, sedangkannilai rata-rata observasisiswapadasiklus I pertemuan 1 adalah 70% danpertemuan 2 adalah 71%dengankategoriaktif, sedangkanpadasiklus II pertemuan 1 adalah 72% danpertemuan 2 adalah 73% dalam kategori aktif, Ketuntasan belajar klasikal pada kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I adalah 17.14%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar klasikal menjadi 80%, Ketuntasan belajar klasikal pada komunikasi matematika siswa pada siklus I adalah 25.71%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar klasikal menjadi 88.57%. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus I dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan pemhaman konsep dan komunikasi matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1674
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback