• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDAR KHALIFAH T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Lolita Magdalena Panjaitan.pdf (400.7Kb)
    Date
    2018-10-11
    Author
    Panjaitan, Lolita Magdalena
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi bilangan pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah T.P. 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-4). Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Berdasarkan uji keberartian regresi diperoleh 33,021  4,30 , Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat keberartian yang berarti antara pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Sedangkan dari uji analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 26,941 + 0,794 X dan keberartian koefisien korelasi pada kemampuan pemecahan masalah diperoleh t_hitung= 6,107 dan 〖 t〗_tabel = 2,07. Karena dilihat dari thitung  ttabel maka pengujian hipotesis tolak HO dan Ha diterima, maka ada hubungan yang kuat dan berarti pada pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hasil perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,793 artinya terdapat hubungan yang kuat/tinggi antara pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Kemudian koefisien determinasi r^(2 ) = 0,6298 atau 62,98% yang artinya pemecahan masalah peserta didik dipengaruhi oleh indikator pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sebesar 62,98% adapun yang lainnya dipengaruhi faktor lain sebesar 37,02%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1672
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback