• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T.P 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Aaderiani Manik.pdf (426.3Kb)
    Date
    2018-10-12
    Author
    Manik, Aderiani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP N 22 Medan T. P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian equasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 22 Medan T.P 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi terhadap guru dan peserta didik. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 79,817 dengan standar deviasi 14,391. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Oleh karena data berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung< Ftabel atau 1,055<2,25 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya pendekatan RME linier, maka dianjutkan ke uji hipotesis yaitu uji keberartian regresi dan diperoleh Fhitung = 540,522 dengan nilai Ftabel = 4,13 dengan demikian Fhitung > Ftabel atau 540,522 > 4,13 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan nilai kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh persamaan regresi, Y= -20,592 + 1,271X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME sebesar 1 satuan akan meningkatkan komunikasi matematis peserta didik sebesar 1,271 satuan. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 94,08% artinya bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik dipengaruhi oleh pendekatan RME sebesar 94,08% dan sisanya 5,92% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi operasi aljabar kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T.P 2018/2019. Sehingga diharapkan pendekatan RME dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1671
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback