Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Berbantu Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematika PesertaDidik Pada Pokok BahasanBilangan BulatDi Kelas VII SMP Negeri 3 PercutSei Tuan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give berbantu media pembelajaran terhadap pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi peserta didik pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment research) dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresi untuk Y1 diperoleh Y ̂=-25,079+1,28X, dan persamaan regresi untuk Y2 diperoleh Y ̂=-22,25+1,178X. Kemudian dilakukan uji kelinearan regresi sehingga diperoleh Fhitung< Ftabel dimana untuk X terhadap Y1 diperoleh -2,474 < 2,45, dan pada X terhadap Y2 diperoleh -2,45 < 2,45 maka Ha diterima sehingga kedua variabel mempunyai hubungan yang linear. Setelah itu dilakukan uji keberartian regresi dengan Fhitung> Ftabel dimana untuk X terhadap Y1 diperoleh 28 > 4,20, dan pada X terhadap Y2 diperoleh 28 > 4,20, maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang berarti. Hasil perhitungan koefisien determinasi pada X terhadap Y1diperoleh r2 = 48% dan pada X terhadap Y2 diperoleh r2 = 35%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Take and Give berbantu media pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika peserta didik, sehingga diharapkan model pembelajaran Take And Give dapat digunakan sebagai salah satu alternarif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]