Show simple item record

dc.contributor.authorSimanjuntak, Elsa Ristaunami
dc.date.accessioned2018-11-21T03:32:19Z
dc.date.available2018-11-21T03:32:19Z
dc.date.issued2018-10-08
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1665
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment research) dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.P. 2018/2019. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-D). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk essai yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar angket kegiatan guru. Berdasarkan hasil penelitian Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh persamaan regresinya . Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji kelinearan regresi sehingga diperoleh Fhitung < Ftabel dimana untuk X terhadap Y diperoleh -2,66 < 2,30. Setelah itu dilakukan uji keberartian regresi dengan Fhitung ≥ Ftabel dimana untuk X terhadap Y diperoleh 30 > 4,14. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan thitung > ttabel dimana untuk X terhadap Y diperoleh > 2,04. Kemudian hasil perhitungan koefisien determinasi untuk X terhadap Y1 diperoleh r2 = 75,72%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematika pada materi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian. di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan, sehingga dapat diterapkan menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Masalahen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah Matematikaen_US
dc.subjectMateri Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagianen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian. Di Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record