• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Structured Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Intan P. Adiguna Sitompul.pdf (365.2Kb)
    Date
    2018-10-10
    Author
    Sitompul, Intan P. Adiguna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendekatan pembelajaran structured problem posing untuk membuat soal yang terstruktur ataupun mengajukan suatu pertanyaan, tetapi mencari penyelesaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh pendekatan pembelajaran structured problem posing terhadap kemampuan pemahaman matematis dan berpikir kreatif matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P. 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5Medan T.P. 2018/2019. Dengan teknik Clustser Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X-MIPA 3). Instrumen yang digunakana adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Berdasarkan keberartian regresi (pemahaman matematis) diperoleh33,264> 4.18dan untuk (berikir kreatif matematika) diperoleh32,645> 4.18. Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berakti terhadap Y1 dan Y2atauPengaruh antara pendekatan pembelajaran structured problem posing terhadap kemampuan pemahaman matematis dan berpikir kreatif matematika peserta didik. Dari uji keberartian koefisien (pemahaman matematis) diperoleh thitung = 5,697 dan (berpikir kreatif)thitung = 4,967 dan ttabel= 2,045. Kareana dilihat dari kedua kemampuan thitung> ttabel maka pengujianhipotesis tolak HOdan Haditerima,maka ada hubungan yang berakti pada pendekatan pembelajaran structured problem posing terhadap kemampuan pemahaman matematis dan berpikir kreatif matematika peserta didik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan ada Pengaruh pendekatan pembelajaran structured problem posing terhadap kemampuan pemahaman matematis dan berpikir kreatif matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1664
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback