• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PengaruhModelContextual Teaching And Learning (CTL) terhadapKemampuanPemahamanKonsepdanPenalaranMatematisSiswa PadaMateriSegitiga di Kelas VII SMP Nasrani 5 Medan T.P. 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Debora Elisabet Yuliani.pdf (395.5Kb)
    Date
    2018-10-03
    Author
    Yuliani, Debora Elisabet
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP Nasrani 5 Medan T.P. 2017/2018. Pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-C)dankelaskontrol (VII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan validasiolehtiga validator serta angket siswa. Berdasarkan hasil penelitianmodel contextual teaching and learningterhadap pemahaman konsep matematika diperoleh persamaan regresinya (Y_1 ) ̂ = 2,693+ 0,944X, dan hasil penelitian model contextual teaching and learningterhadap kemampuan penalaranmatematis diperoleh persamaan regresinya (Y_2 ) ̂ = -12,354+ 1,114X. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan data berdistribusi normal. Hasil perhitungan koefisien determinasi untuk X terhadap Y1diperoleh r2 = 63,2% dan pada X terhadap Y2diperoleh r2 = 65,1%. Kemudianhasilujihipotesis terhadap kemampuan pemahamankonsep diperoleh1,947 > 1, 66984.Maka H0ditolakdan Haditerima danuntuk kemampuan penalaran matematis2,01> 1, 66984.Maka H0ditolakdan Haditerima.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modelcontextual teaching and learning (ctl) terhadap kemampuan pemahamankonsep danpenalaranmatematissiswapadamaterisegitiga di kelas VII SMP Nasrani 5 Medan T.P. 2017/2018 serta kemampuan pemahaman konsepdan kemampuan penalaran matematis yang diajarkandengan model contextual teaching and learninglebihbaikdaripadatanpamodel contextual teaching and learning padamateri segitiga di kelas VII SMP Nasrani 5 Medan. Sehingga dapat diterapkan menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaranmatematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1662
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback