• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH STRATEGI THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 37MEDAN T.A 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Rolen M. Marbun.pdf (314.7Kb)
    Date
    2018-09-12
    Author
    Marbun, Rolin Marulitua
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP HKBP Sidikalang T. P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh Peserta didik kelas VIII SMP HKBP Sidikalang T. P. 2018/2019. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen(VIII-1). Instrumen yang digunakana adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses Peserta didik. Dari uji keberartian regresi (kemampuan pemahaman konsep) diperoleh 96,273>4,17dan untuk (pemecahan masalah peserta didik) diperoleh 86,145>4,17 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y1 dan Y2 atau pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kamampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dari uji keberartian koefisien (kemampuan pemahaman konsep) diperoleh thitung = 9,801 dan (kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik) thitung = 8,944 dan ttabel= 2,042. Karena dilihat dari kedua kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak HO dan Ha diterima, maka ada hubungan yang berarti pada model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) cocok digunakan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1660
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback