Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemahaman Matematis Peserta Didik Di Kelas XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemahaman matematis peserta didik di kelas XI SMA. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 2 Tarutung yang terdiri dari empat kelas dan yang menjadi sampel penelitian ini diambil secara random sampling yaitu kelas XI MIA 4 berjumlah 30 siswa.
Hasil penelitian pada pemahaman matematis menunjukan bahwa persamaan regresinya memiliki hubungan berarti dan memiliki koefisien korelasi (r) sebesar 0,606 dan koefisien determinasi (r2) = 0,3674 atau 36,74%, dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik sebesar 36,74% dijelaskan melalui Y ̂= 32,46 + 0,602X. Dan hasil penelitian pada pemahaman konsep menunjukkan bahwa persamaan regresinya memiliki hubungan berarti dan memiliki koefisien korelasi (r) sebesar 0,673 dan koefisien determinasi (r2) = 0,4537 atau 45,37%, dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik sebesar 45,37% dijelaskan melalui Y ̂= 25,79 +0,690X. Sehingga diharapkan model kooperatif tipe jigsaw ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemahaman matematis siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]