• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN SELF-CONFIDANCE PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PERMAINAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR (PERSEGI DANPERSEGI PANJANG) KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Niasty Juana Gultom.pdf (486.7Kb)
    Date
    2018-09-18
    Author
    Gultom, Niasty Juana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan problem solving berbantuan permainan matematika dapat meningkatkan self-confidance peserta didik pada materi bangun datar (persegi dan persegi panjang) di kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakankelas (PTK) penelitianinidengan subjekpenelitianiniadalahpesertadidikkelas VII-6 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan semester ganjil T.P 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Angket ini terdiri dari angket siklus I dan siklus II. Dalam penelitian ini meningkatnya Self-Confidance peserta didik apabila nilai angketnya semakin meningkat ≥ 80. Hasil angket tersebut dikumpul dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥ 80% dari seluruh peserta didik telah memperoleh nilai angket ≥ 80 untuk meningkatkan Self-Confidance maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian dua siklus tersebut, diperoleh data angket pada siklus I persentase angket Self-Confidance yang dimiliki peserta didik sebesar 48% dan persentase yang tidak memiliki Self-Confidance 52% dari 32 peserta didik yang memiliki Self-Confidance kategori baik ada 5 0rang, sedang ada 10 orang, cukup ada 17 orang. Pada siklus II persentase angket Self-Confidance yang dimiliki peserta didik sebesar 88% dan yang tidak memiliki Self-Confidance 12% dari 32 peserta didik yang memiliki Self-Confidance adalah 29 orang dan yang tidak memiliki Self-Confidance 3 orang. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan Self-Confidance peserta didik pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Problem Solving dapat meningkatakan Self-Confidance peserta didik di kelas VII-6 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan pada materi bangun datar (persegi dan persegi panjang) T.P 2018/2019. Dan diharapkan dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan Self-Confidance peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1656
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback