UPAYA MENINGKATKAN SELF-CONFIDANCE PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PERMAINAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR (PERSEGI DANPERSEGI PANJANG) KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan problem solving berbantuan permainan matematika dapat meningkatkan self-confidance peserta didik pada materi bangun datar (persegi dan persegi panjang) di kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakankelas (PTK) penelitianinidengan subjekpenelitianiniadalahpesertadidikkelas VII-6 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan semester ganjil T.P 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi.
Angket ini terdiri dari angket siklus I dan siklus II. Dalam penelitian ini meningkatnya Self-Confidance peserta didik apabila nilai angketnya semakin meningkat ≥ 80. Hasil angket tersebut dikumpul dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥ 80% dari seluruh peserta didik telah memperoleh nilai angket ≥ 80 untuk meningkatkan Self-Confidance maka hipotesis tindakan diterima.
Dari hasil penelitian dua siklus tersebut, diperoleh data angket pada siklus I persentase angket Self-Confidance yang dimiliki peserta didik sebesar 48% dan persentase yang tidak memiliki Self-Confidance 52% dari 32 peserta didik yang memiliki Self-Confidance kategori baik ada 5 0rang, sedang ada 10 orang, cukup ada 17 orang. Pada siklus II persentase angket Self-Confidance yang dimiliki peserta didik sebesar 88% dan yang tidak memiliki Self-Confidance 12% dari 32 peserta didik yang memiliki Self-Confidance adalah 29 orang dan yang tidak memiliki Self-Confidance 3 orang. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan Self-Confidance peserta didik pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Problem Solving dapat meningkatakan Self-Confidance peserta didik di kelas VII-6 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan pada materi bangun datar (persegi dan persegi panjang) T.P 2018/2019. Dan diharapkan dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan Self-Confidance peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]