• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Swasta Musyawarah Perbulan T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Selli Suliani Br. Siregar.pdf (418.5Kb)
    Date
    2018-10-10
    Author
    Br. Siregar, Selli Suliani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiental learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Swasta Musyawarah Perbulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Musyawarah Perbulan. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian eksperimen (VIII-A). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan bentuk tes uraian. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y ̂=11,84+0,908X. Untuk uji kelinearan regresi yang diperoleh terdapat hubungan yang linear antara model pembelajaran experiental learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian untuk kemampuan pemecahan masalah digunakan uji F. Dengan hasil untuk uji kelinearan regresi kemampuan pemecahan masalah diperoleh Fhitung = -3,85 dengan nilai Ftabel = 2,37 dengan demikian Fhitung < Ftabel atau -3,85 < 2,37 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Hasil untuk uji keberartian regresi kemampuan pemecahan masalah diperoleh Fhitung = 382,098 dengan nilai Ftabel = 4,13 dengan demikian Fhitung > Ftabel atau 382,098 > 4,13 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran experiental learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Swasta Musyawarah Perbulan T.P. 2018/2019. Sehingga diharapkan model pembelajaran experiental learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1653
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback