Pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Swasta Musyawarah Perbulan T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiental learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Swasta Musyawarah Perbulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Musyawarah Perbulan. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian eksperimen (VIII-A). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan bentuk tes uraian.
Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y ̂=11,84+0,908X. Untuk uji kelinearan regresi yang diperoleh terdapat hubungan yang linear antara model pembelajaran experiental learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Untuk menguji hipotesis penelitian untuk kemampuan pemecahan masalah digunakan uji F. Dengan hasil untuk uji kelinearan regresi kemampuan pemecahan masalah diperoleh Fhitung = -3,85 dengan nilai Ftabel = 2,37 dengan demikian Fhitung < Ftabel atau -3,85 < 2,37 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Hasil untuk uji keberartian regresi kemampuan pemecahan masalah diperoleh Fhitung = 382,098 dengan nilai Ftabel = 4,13 dengan demikian Fhitung > Ftabel atau 382,098 > 4,13 maka H0 diterima dan H1 ditolak.
Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran experiental learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Swasta Musyawarah Perbulan T.P. 2018/2019. Sehingga diharapkan model pembelajaran experiental learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]