• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Yesenia Daely.pdf (431.0Kb)
    Date
    2018-10-01
    Author
    Daely, Yesinia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-6) yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata post-test kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik 83,733 dengan standard deviasi 10,106 dan rata-rata observasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada peserta didik adalah 73.767 dengan standard deviasi 13,119. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel berdistribusi normal dengan Ltabel dengan (α=0.05) adalah 0,161 Lhitung observasi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diperoleh 0,0985 dan Lhitung kemampuan pemahaman konsep 0,0827 sehingga data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan nilai kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik diperoleh persamaan regresi, Y ̂= 26,311 + 0,748X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 1 satuan akan meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik sebesar 0,748 satuan. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 94,28% artinya bahwa pengembangan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dipengaruhi oleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 94,28%. Dari hasil uji signifikasi regresi dan uji linieritas regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi lingkaran di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018. Kontribusi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, sehingga diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1646
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback