PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)TERHADAP KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATISPESERTA DIDIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 22MEDAN T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi Relasi dan Fungsi kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T.P. 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Medan T.P. 2018/2019
Dengan menggunakan Uji Liliefors untuk menguji normalitas data skor kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh L_hitung= 0,142 jika dibandingkan dengan harga L_tabel untuk n = 34 dengan taraf signifikan 0,05 yakni L_tabel=0,151 ternyata L_hitung<L_tabel, maka kemampuan komunikasi matematis peserta didik tersebut berdistribusi normal.
Hasil uji signifikasi regresi model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh F_hitung = 149,012 dan F_tabel = 4,15 ternyata F_hitung≥F_tabel, sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil uji signifikasi regresi dan uji linieritas regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi relasi dan fungsi di SMP Negeri 22 Medan T.P. 2018/2019. Kontribusi model pembelajaranAuditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebesar 87,04% dijelaskan melalui hubungan Y ̂ = sehingga diharapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]