• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta didik Pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP Swasta Bahalbatu, Siborongborong, Tapanuli Utara. T.P 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Marsentiber A. Sihombing.pdf (397.3Kb)
    Date
    2018-09-15
    Author
    Sihombing, Marsentiber A.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Swasta Bahalbatu, Siborongborong, Tapanuli Utara T.P 2018/2019 Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi peneliti seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Bahalbatu, Siborongborong, Tapanuli Utara T.P 2018/2019, dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen VII-1. Instrumen yang digunakan adalah post-test dan hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta observasi keterampilan proses peserta didik. Berdasarkan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel diperoleh 42,15053499 > 4,17, Ha diterima sehingga terdapat keberartian regresi antara penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Sedangkan dari uji analisis regresi diperoleh persamaan regresi , dan keberartian koefisien korelasi pada kemampuan pemahaman konsep di peroleh thitung =0,764331517 dan ttabel 0,361karena dilihat dari rhitung >rtabel maka pengujian hipotesis tolak Ho dan Ha diterima maka ada hubungan yang kuat dan berarti pada model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Hasil perhitungan koefisien korelasi didapat r= 0,584202667 artinya terdapat hubungan yang kuat/tinggi antara model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik, kemudian koefisien determinasi r2 = 0,584202667 atau 58,42026673%, yang artinya pemahaman konsep peserta didik dipengaruhi oleh indikator model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik sebesar 58,42026673, adapun lainya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 41,57973327%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1639
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback