PengaruhModelPembelajaranKooperatifTipeThinkTalk WriteBerparadigmaHumanistikTerhadapKemampuanKomunikasi MatematikaPesertaDidikPadaMateriSistemPersamaan Linier DuaVariabelKelas VIII SMP Negeri 2 PercutSei TuanT.P. 2017/2018
Abstract
PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiPengaruhmodelpembelajarankooperatiftipethink talk writeberparadigmahumanistikterhadapkemampuankomunikasimatematikapeserta didikkelas VIII SMP Negeri 2 PercutSei Tuan T.P 2017/2018. Jenispenelitianiniadalahpenelitianquasi eksperimendenganpopulasipenelitianyaituseluruhsiswakelasVIII DenganteknikSimple Random Samplingdiperolehsampelpenelitianeksperimen (VIII-7). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa.
Dari hasilperhitungandiperolehpersamaan regresi (Y_ ) ̂ = 1,346 + 0,996X.Untukuji kelinearan regresi post testdiperolehFhitung= 1,504 maka Fhitung<Ftabel atau1,504< 2,39 maka Ha diterima makaterdapat hubungan yang linearantara model pembelajarankooperatiftipethink talk writeberparadigmahumanistikterhadapkemampuankomunikasimatematikapeserta didik. Setelahitudilakukanuji keberartian regresi antara X terhadap Y diperoleh Fhitung= 405,327 maka Fhitung≥ Ftabelatau405,327≥4,14, Ha diterima sehingga terdapatkeberartianregresi antara model pembelajarankooperatiftipethink talk writeberparadigmahumanistikterhadapkemampuankomunikasimatematikapeserta didik.
Berdasarkanhasilanalisisujikelinieranregresidanuji keberartianregresi, disimpulkanter dapat pengaruh yang berartiantara penggunaan model pembelajarankooperatiftipethink talk writeberparadigmahumanistikterhadapkemampuankomunikasimatematikapesertadidik.Dari hasildiatasdapatdisimpulkanadapengaruh model pembelajarankooperatiftipethink talk writeberparadigmahumanistikterhadapkemampuankomunikasimatematikapeserta didik.Sehinggadiharapkan model pembelajaraninidapatdigunakansebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkankemampuankomunikasimatematikapesertadidik
Collections
- Pendidikan Matematika [674]