• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS STRATEGI HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI BALOK KELAS VIII SMP MASEHI SIBIRU-BIRU T.P. 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Melisa V. Br. Barus.pdf (315.1Kb)
    Date
    2018-10-27
    Author
    Br. Barus, Melisa Verabine
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi heuistik terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada materi balok kelas VIII SMP Masehi Sibiru-biru T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Masehi Sibiru-biru T.P. 2017/2018. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang telah divalidkan oleh validator ahli. Hasil analisa data dan perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 82,16667 dan nilai rata-rata post-test (Y_1 ) ̅ = 83,7667 untuk kemampuan pemahaman konsep dan post-test (Y_2 ) ̅ = 89,5 untuk kemampuan pemecahan peserta didik. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya, berdasarkan indikator efektivitas diperoleh ketuntasan peserta didik secara individual, teedapat 30 peserta didik yang tuntas dalam belajar yang memperoleh ≥ 65, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal terhadap kemampuan pemahaman konsep dan terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 100% dan persentase aktivitas belajar siswa diperoleh 7 peserta didik dengan kriteria baik dan 23 peserta didik dengan kriteria sangat baik, dan respon peserta didik dalam kategori baik dengan rata-rata skor 3,042857143, dan alokasi waktu dalam kategori baik dengan rata-rata skor 4,004761905. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Strategi Heuristik efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1632
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback