• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schema) Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 2 Sosorgadong T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Juliati Tarihoran.pdf (579.4Kb)
    Date
    2018-09-23
    Author
    Tarihoran, Juliati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikanpembelajaran matematika menggunakan teori APOS (Action, Process, Object, Schema) berbasis model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 2 Sosorgadong T.P. 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII. Sampel penelitian atau kelas eksperimennya adalah kelas VIII-2 ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi (Y_ ) ̂ = 18,7064 + 0,6692X. Untuk uji kelinieran regresi post test diperoleh Fhitung= -0,3398 maka atau -0,3398<2,64maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linier antara pembelajaran matematika menggunakan teori APOS berbasis model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajarpeserta didik. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh Fhitung = 20,5627 maka atau 20,5627 > 4,28maka Ha diterima sehingga terdapat keberartian regresi antara pembelajaran matematika menggunakan teori APOS berbasisi model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji kelinieran dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran matematika menggunakan teori APOS berbasis model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 2 Sosorgadong T.P. 2018/2019. Sehingga diharapkan pembelajaran matematika menggunakan teori APOS berbasis model pembelajaran inkuiri ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1631
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback