• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan T.P. 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Jelita Nainggolan.pdf (325.8Kb)
    Date
    2018-10-15
    Author
    Nainggolan, Jelita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikandenganmenggunakanpendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan T.P. 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP. Dengan teknik Simple Random Sampling, dan sampel penelitian atau kelas eksperimennya adalah kelas VIII-B. Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi (Y_ ) ̂ = 22,027 + 0,734X. Untuk uji kelinieran regresi post test diperoleh Fhitung= 0,325 maka atau 0,325<2,56maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linier antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh Fhitung = 424,779 maka atau 424,779 > 4,14maka Ha diterima sehingga terdapat keberartian regresi antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji kelinieran dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Kristen Hosana Medan T.P 2017/2018. Sehingga diharapkan pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1630
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback