• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran numbered head together berbantu LKS Terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas X SMA T.P.2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Athe Novie Sihombing.pdf (603.9Kb)
    Date
    2018-10-15
    Author
    Sihombing, Athe Novie
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran numbered head together berbantu LKS terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di kelas X SMA T.P.2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lintongnihuta T.P. 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X pembangunan-1). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar lembar observasi keterampilan proses siwa.. Sedangkan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk motivasi belajar peserta didik yaitu: Y ̂=29,74+0,60X, dan pada persamaan regresi untuk hasil belajar matematika peserta didik yaitu: Y ̂=29,8+4,59X. Hasil perhitungan koefisien korelasi untuk motivasi belajar diperoleh r = 2,2905 dan hasil belajar matematika peserta didik diperoleh r=1,03262 artinya ada hubungan yang kuat/tinggi antara model pembelajaran Numbered head together terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika peserta didik. Kemudian koefisien determinasi untuk motivasi belajar didapat r^2 = 0,7528dan untuk hasil belajar matematika peserta didik diperoleh r^2=0,9868 yang artinya motivasi belajar matematika dipengaruhi oleh indikator model pembelajaran Numbered head together sebesar 75,28% dan sisanya 24,72% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti oleh peneliti dan terhadap hasil belajar matematika peserta didik sebesar 86,8% dan sisanya 13,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti oleh peneliti. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered head together terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik di kelas X SMK T.P. 2018/2019.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1626
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback