UpayaMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifMatematisSiswaMelalui Model Pembelajaran PBLPada Materi OperasiHitungAljabar Di Kelas VIII-2SMP Swasta GKPI Padang Bulan MedanT.P. 2018/2019”
Abstract
Tujuandaripenelitianini adalahuntuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir KreatifMatematisSiswapadaPokok Bahasan Operasi Hitung Aljabar. Populasi dalam penelitianiniadalahsiswakelas VIII-2 denganjumlah 26 orang.
Dari hasil analisis data teshasil belajar siswad iperoleh data tessebelum penerapandengan jumlah yang tuntassebanyak3 siswadengantingkat keberhasilan kemampuanberpikirkreatifmatematissiswasecara individual rendah mencapai44,230 dantingkat kemampuan berikirkreatif matematissiswa secaraklasikal sangatrendah mencapai11,538%,sedangkanpadasiklus I meningkatjumlahsiswa yang tuntas14 siswadengantingkatkeberhasilankemampuanberpikirkreatifmatematissiswasecara individual mencapai69,923 dantingkat kemampuan berpikirkreatif matematissiswa secaraklasikalmencapai53,84%dalamkategoribelum tuntas, danpadasiklus IImakinmeningkatsebanyak 24 siswa dengantingkat keberhasilankemampuanberpikir kreatifmatematissiswasecara individual mencapai78,038 dantingkat kemampuan berpikirkreatif matematis siswa secara klasikal mencapai 92,307%dalam kategorisudah tuntas.
Dari hasilanalisispre- test, post-test siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranproblem based learningdapa tmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematissiswakelas VIII-2 SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan padamateriOperasiHitungAljabar T.P. 2018/2019. Sehinggadiharapkan modelpembelajaranproblem based learningdapatdigunakansebagaialternatifdalampembelajaranmatematika, untukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematissiswa
Collections
- Pendidikan Matematika [674]