• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Peluang Kelas XI SMA Swasta Advent Simbolon T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Kiki Rud Hutagalung.pdf (239.7Kb)
    Date
    2018-09-15
    Author
    Hutagalung, Kiki Rud
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) efektif Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Peluang Kelas XI SMA Swasta Advent Simbolon T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif, dengan teknik Clustser Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (XI Mipa-1). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan Guru menajar dan waktu. Dari uji post test dilihat dari kesesuaian tingkat pembelajaran Daya serapperseorangan. Seorang peserta didik telah tuntas dalam belajar bila ia telah mencapai skor ≥ 70% atau nilai ≥ 70. Dilihat dari hasil belajar siswa; Dayaserap klasikal. Suatu kelas dinyatakan telah tuntas belajar apabila kelas tersebut telah terdapat ≥ 80% namun siswa yang hanya mencapai nilai ≥ 70 karena rata – rata post test penalaran 86,6 dan komunikasi rata – rata 73,3 maka kesesuaian tingkat pembelajaran tidak efektif. Dari analisis tingkat kemampuan guru data observasi terhadap hasil perhitungan observasi diperoleh hasil dari semua observasi rata – rata 4 yang berarti dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran sudah efektif. Data pengamatan terhadap hasil perhitungan observasi diperoleh hasil rata – rata penilaian oleh dua obsevator. Pada pertemuan 1, 2 dan 3 diperoleh rata – rata pengamatan 2,6 hasil pengamatan dalam kategori kurang baik. Dari hasil observasi waktu diperoleh hasil dari semua observasi dalam kategori kurang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tidak efektif artinya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Tidak Efektif Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1622
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback