• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PengaruhModel PembelajaranAptitude Treatment Interaction (ATI)TerhadapKemampuanPemahamanKonsep MatematikaPesertaDidikPada Materi Himpunan di Kelas VII SMP N 1 SidamanikT.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Pebrianti Lumban Gaol.pdf (469.8Kb)
    Date
    2018-09-23
    Author
    Lumban Gaol, Pebrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Aptitude Treatment Interaction terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematika Peserta Didik pada materi himpunan di kelas VII SMP N 1 Sidamanik T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment research) dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1Sidamanik 2018/2019. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-C). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresi untuk Y1 diperoleh Y ̂=16,727+0,707X. Kemudian dilakukan uji kelinearan regresi sehingga diperoleh Fhitung< Ftabel dimana untuk X terhadap Ydiperoleh -3,224< 2,44 maka Ha diterima sehingga kedua variabel mempunyai hubungan yang linear. Setelah itu dilakukan uji keberartian regresi dengan Fhitung> Ftabel dimana untuk X terhadap Y diperoleh 30> 4,16 maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang berarti. Hasil perhitungan koefisien determinasi pada X terhadap Ydiperoleh r2 = 87,17%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaranAptitude Treatment Interaction terhadapkemampuan pemahaman konsep peserta didik pada himpunan di kelas VII SMP Negeri1 Sidamanik, sehingga dapat diterapkan menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1621
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback