PenerapanModel Pembelajaran Mindful LearningUntuk Meningkatka Minat dan Hasil Belajar EkonomiSiswa Kelas IX SMP Methodist-9 MEDAN Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Mindful Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas IX SMP Methodist-9 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang beralamat di jalan Taduan No.110 medan dengan jumlah siswa 54 orang. Penelitian ini merupakan penelitian PTK(Penelitian Tindakan Kelas) sipeneliti menerapkan model pembelajaran mindful learning untuk mengetahui rendah atau tidaknya hasil belajar ekonomi di kelas IX.
Dengan melakukan ditahap awal yaitu Pre-Test yang akan dilakukan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi, setelah dilakukan hasilnya masih rendah, kemudian akan dilakukan lagi pada Pos-Test I dan Pos-Test II maka hasilnya meningkat saat dilakukan pada Pos-test II dikarenakan model mindful learning sangat berpengaruh pada minat belajar ekonomi yang telah dilaksanakan menjadi meningkat.
Hasil analisis data aktivitas dan hasil belajar siswa menunjukan bahwa rata-rata nilai Pre-Test siswa untuk kelas IX sebesar 43,52 sedangkan nilai rata-rata pada Pos-Test Isebesar 69,63 hasilnya masih rendah. Kemudian dilakukan lagi pada Pos-Test II sebesar 80,74 dengan hasil rata-rata meningkat setelah diterapkan model tersebut. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang postif dan meningkatpenggunaan model pembelajaran mindful learning Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas IX SMP Methodist-9 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [265]