PENGARUH WAKTU BELAJAR DANPENGGUNAAN HANDPHONE SISWATERHADAPPRESTASI BELAJARIPS TERPADUSISWA KELAS VIIISMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 4 kelas dan setiap kelas masing – masing berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling, dimana setiap kelas masing – masing 50 % dari populasi, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang dan instrumen yang digunakan untuk mengukur waktu belajar dan penggunaan handphone siswa berupa angket. Validitas tes di uji dengan menggunakan product moment dengan hasil dari penelitian masing – masing variabel waktu belajar dan penggunaan handphone yang berjumlah 25 soal dinyatakan valid.Reliabilitas tes di uji dengan menggunakan rumus cronbac’h alpha.Dimana untuk variabel waktu belajar diperoleh hasil reliabilitas yaitu r_hitung>r_tabel (0,904 > 0,254).Sedangkan untuk variabel penggunaan handphone siswa diperoleh hasil reliabilitas yaitu r_hitung>r_tabel (0,907 > 0,254).
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 4,833 + 0,558 X_1+ 0,529〖 X〗_2 + 10,215. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan alpha 5% dengan hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa variabel waktu belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dimana 〖nilai t〗_hitung>〖nilai t〗_tabel (3,738 > 2,002), dan untuk variabel penggunaan handphone siswajuga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dimana 〖nilai t〗_hitung>〖nilai t〗_tabel (3,516 > 2,002). Sedangkan hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan variabel waktu belajar dan penggunaan handphone siswa terhadap prestasi belajar IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018 / 2019 dengan nilai F_hitung>F_tabel(26,011 > 3,25).
Collections
- Pendidikan Ekonomi [265]