Pengaruh Media Karikatur Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Pembelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Karikatur Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 140 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 28 orang dengan kelas yang akan dipilih mengunakan teknik cluster sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis teks anekdot. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumbanjulu dalam menulis teks anekdot tanpa menggunakan media karikatur memiliki kategori kurang dengan memperoleh nilai rata-rata 56,7 serta kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumbanjulu dalam menulis teks anekdot dengan menggunakan media karikatur memiliki kategori cukup baik dengan memperoleh nilai 68,6. Berdasarkan uji normalitas hasil postest dinyatakan berdistribusi normal. Setelah dilakukan uji hipotesis, maka diketahui thitung > 4,37. Selanjutnya ttabel dengan df =28-1 = 27. Diperoleh taraf signifikan 5 % = 2,05. Dengan demikian thitung> ttabel yakni 4,37 > 2,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.