• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DENGAN BANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI SMP SWASTA HKBP SIMANTIN PANEI T.A. 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Robelton Sihaloho.pdf (585.1Kb)
    Date
    2018-03-24
    Author
    Sihaloho, Robelton
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui apakahada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Bantuan Peta KonsepTerhadap Kemampuan komunikasidanpemecahanmasalahsiswapadamateriAritmetikaSosial di SMP Swasta HKBP SimantinPanei T.A 2017/2018. JenispenelitianiniadalahjenispenelitianEkseperimen.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVII SMP SMPSwasta HKBP SimantinPaneidan yang menjadisampelpenelitianiniadalahsiswakelas VII-2 sebanyak 28 orang.Instrumen yang digunakanadalahteshasilbelajarsiswadenganbentuk essay yang telahdilakukanujivaliditasi instrument. Berdasarkandarihasilanalisis data yang telahdilakukandiperolehnilai rata-rata observasisiswadaripembelajarandengan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonsep 70,38 dansimpanganbaku 14,10 artinyapembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonseptermasukkategoribaik. Sedangkanuntuknilai post-test padakemampuankomunikasisiswamenunjukkanangka rata-rata yaitu 76,28 dansimpanganbaku 12,37 artinyakemampuankomunikasisiswatermasukkategoribaik.Hasilpenelitian yang diperolehmenunjukkanpersamaanregresisederhana yang di perolehadalahY ̂=16,2101+0,8535. Padapersamaantersebutkoefisienarahregresi linier b = 0,8535 bertandapositifartinya, kemampuankomunikasisiswaakanmeningkat 0,8535 jika model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) meningkatsebesarsatusatuan.Dari ujikelinieranregresidiperolehF_hitung=2,1242<F_tabel=2,98 artinya terdapat hubungan yang linier danberartiantara model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonsepterhadapkemampuankomunikasisiswa. Nilaikoefisienkorelasir_xy=0.9747 artinya, terdapat hubungan yang sangatkuatantara model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) terhadapkemampuankomunikasisiswa. Dari ujikeberartiankoefisienkorelasidiperoleht_hitung>t_tabel yaitu 22,23>1,70562 artinya ada hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) terhadapkemampuankomunikasisiswa. Nilaikoefisiendeterminasir^2=0,95 atau 95% artinya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) mempengaruhikemampuankomunikasisiswasebesar 95% danselebihnyadipengaruhiolehfaktor lain. Berdasarkandarihasilanalisis data yang telahdilakukanpadakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswadiperolehnilai rata-rata observasisiswadaripembelajarandengan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonsep 70,38 dansimpanganbaku 14,10 artinyapembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonseptermasukkategoribaik.Sedangkanuntuknilai post-test padakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswamenunjukkanangka rata-rata yaitu 72,42dansimpanganbaku 12,31 artinyakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswatermasukkategoribaik. Hasilpenelitian yang diperolehmenunjukkanpersamaanregresisederhana yang di perolehadalahY ̂=12,76+0,8476XPada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier b = 0,8476 bertandapositifartinya, kemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswaakanmeningkat 0,8476 jika model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) meningkatsebesarsatusatuan.Dari ujikelinieranregresidiperolehF_hitung<F_tabel atau 2,89<2,98 artinyaterdapathubungan yang linier danberartiantara model Student Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonsepterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa.Nilaikoefisienkorelasir_xy=0.93 artinya, terdapat hubungan yang sangatkuatantara model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa. Dari ujikeberartiankoefisienkorelasidiperoleht_hitung>t_tabel yaitu 21,5>1,70562 artinya ada hubungan yang kuat dan berarti antara model pemebelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa. Nilaikoefisiendeterminasir^2=0,93 atau 93% artinya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) mempengaruhikemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswasebesar 95% danselebihnyadipengaruhiolehfaktor lain. Sehinggadiharapkan, model pembelajaranstudent facilitator and explaining (SFE) denganbantuanpetakonsepsebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkankemampuankomunikasisiswadanpemecahanmasalahmatematikasiswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1276
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback