dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran reciplocal teaching.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Tenera Langkat T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. peneliti dilaksanakan di kelas dengan pengamatan dan melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan pembelajaran berikutnya. pelaksanaan dilakukan sebanyak 2 putaran dengan materi theorem phythagoras dan garis-garis segitigaAdapun Instrumen Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes ini terdiri dari Tes Awal, Tes Putaran I dan Tes Putaran II.
Hasil observasi guru dan siswa mengalami peningkatan. Dimana pada siklus I rata-rata observasi untuk guru 63,46% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,57%. Rata-rata observasi untuk siswa pada siklus I adalah47,13% dan pada siklus II naik menjadi 78,56%.
Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa meningkat dimana pada tes awal rata-rata kemampuan Komunikasi Matematika Siswa (TKKMS ) siswa adalah 42,77% dan pada siklus I meningkat menjadi 53,11% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,51 %.
Ketuntasan belajar secara klasikal yang diperoleh Setelah diberikan tindakan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 25,7 % dan kemudian mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus II yaitu sebesar 97,1 %. Besar peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal mulai dari tes awal hingga siklus II adalah 71,83 %.
Ketuntasan belajar individual meningkat,dimana pada tes awal dari 35 siswa hanya 6 orang yang memiliki NHB ≥ 65 %,pada postest I meningkat menjadi 8 orang yang memiliki NHB ≥ 65 % dan poada postest II meningkat menjadi 33 siswa yang memiliki NHB ≥ 65 %.
Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan nya model pembelajaran Reciplocal Teaching,sehingga diharapkan model pembelajaran Reciplocal Teaching dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. | en_US |