PENGARUH NILAI YANG DIRASAKAN TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN YANG MENDORONG NIAT PEMBELIAN PADA TRIFTHING TIKTOK LIVE STREAMING DIKALANGAN GENERASI Z DI KOTA MEDAN
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh langsung siaran langsung nilai yang dirasakan terhadap kepercayaan konsumen, mengetahui pengaruh langsung siaran langsung, manfaat yang dirasakan, kepercayaan konsumen terhadap niat beli serta mengetahui Pengaruh tidak langsung siaran langsung, manfaat yang dirasakan terhadap niat beli melalui kepercayaan konsumen di aplikasi Tiktok Shop. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengumpulan informasi melalui survei dengan sebuah kuesioner. Penyebaran kuesioner menggunakan google form melalui media sosial seperti Whatsapp (WA), instagram (IG) dan telegram. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna pernah menggunakan dan berbelanja di aplikasi Tiktok Shop yang berada di wilayah Medan.Kuesioner yang terkumpul sebanyak 180 responden, data tersebut kemudian diolah dengan alat analisis SmartPLS.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siaran langsung tidak berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen.Sedangkan manfaat yang dirasakan memiliki pengaruh terhadap kepercayaan konsumen.Siaran langsung dan kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap niat beli.Sedangkan manfaat yang dirasakan tidak berpengaruh terhadap niat beli.siaran langsung tidak memiliki pengaruh tehadap niat beli melalui kepercayaan konsumen. Sedangkan manfaat yang dirasakan memiliki pengaruh terhadap niat beli melalui kepercayaan konsumen. Kontribusi dari penelitian ini menghasilkan adanya perilaku konsumen terutama dalam faktor yang mempengaruhinya yaitu live streaming dan consumer trust terhadap aplikasi Tiktok Shop
Collections
- Manajemen [1230]