PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI JAMSOSTEK MOBILE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI KANTOR BPJS KETENAGAKERJAAN TANJUNG MORAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan melalui
penggunaan aplikasi Jamsostek Mobile terhadap kepuasan nasabah di kantor BPJS
Ketenagakerjaan Tanjung Morawa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh nasabah
BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Morawa dan sampel yang digunakan adalah sebanyak
95 nasabah dengan menggunakan rumus Slovin, dan menggunakan teknik random
sampling dengan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data
dengan menggunakan software Smart Pls (Partical Least Square) 4.0. Hasil penelitian
uji path coefficients menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh tidak
signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan hasil T statistik 1.953 < 1.96 pada tingkat
signifkansi 0.05 dengan nilai P-Value 0.051 > 0.05 dan nilai original sampel negatif
0.183, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan aplikasi
Jamsostek Mobile dengan hasil T statistik 9.710 < 1.96 pada tingkat signifikansi 0.05
dengan nilai P-Value 0.000 < 0.05 dan nilai original sampel positif 0.608, penggunaan
aplikasi Jamsostek Mobile berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan
hasil T statistik 7.774 < 1.96 pada tingkat signifikansi 0.05 dengan nilai P-Value 0.000
< 0.05 dan nilai original sampel positif 0.644 . berdasarkan uji indirect effects diperoleh
dari hasil bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara tidak langsung terhadap
kepuasan nasabah melalui penggunaan aplikasi Jamsostek Mobile dengan hasil T
statistik 5.532 > 1.96 pada tingkat signifikansi 0.05 dengan nilai P-Value 0.000 < 0.05
dan nilai original sampel positif 0.391.
Collections
- Manajemen [1230]