PENGARUH ETNOSENTRISME KONSUMEN DAN PERSEPSI HARGA PADA NIAT BELI PRODUK LAPTOP AXIOO: UJI MEDIASI VARIABEL PERSEPSI KUALITAS KOTA MEDAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
etnosentrisme konsumen dan persepsi harga terhadap niat beli dengan persepsi
kualitas sebagai mediasi pada laptop Axioo di Kota Medan. Dalam penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu
teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Data penelitian
diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap pengguna laptop Axioo di Kota
Medan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan
program SMARTPLS versi 4.0. Metode analisis yang digunakan adalah Structural
Equation Modelling (SEM), model pengukuran (outer model), pengukuran
structural (inner model) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa etnosentrisme konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat
beli, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli,
etnosentrisme konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi
kualitas, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi
kualita, persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli,
etnosentrisme konsumen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap niat beli
dengan persepsi kualitas sebagai mediasi, persepsi harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap niat beli dengan persepsi kualitas sebagai mediasi.
Collections
- Manajemen [1230]