PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU MEREK COMPASS PADA MAHASISWA DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Merek Pada Mahasiswa Di Kota Medan”. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabilitas untuk membuktikan keabsahan dan ketepatan kuesioner serta melakukan uji asumsi klasik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji t parsial, uji F simultan dan koefisien determinasi.
Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada uji regresi linier berganda persamaan linear yang didapat adalah Y = 9.836 + 0,191X1 + 0,364X2 variabel Celebrity Endorser merupakan variabel yang dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian diikuti variabel Kualitas Produk. Uji t parsial didapati variabel Celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Pada uji F simultan variabel Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil pengujian koefisien determinasi (R-square) antara Variabel Independen Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk menerangkan variabel dependen Keputusan Pembelian sebesar 0,61 (61%) dan selebihnya 39% dijelaskan oleh variabelvariabel lain diluar variabel penelitian yang digunakan dalam model regresi linier berganda.
Collections
- Manajemen [1151]