Show simple item record

dc.contributor.authorSITOMPUL, SERINA ANGELA
dc.date.accessioned2024-10-24T03:12:38Z
dc.date.available2024-10-24T03:12:38Z
dc.date.issued2024-10-24
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11372
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa dalam kegiatan kerja kelompok dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP N 3 Tarutung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan implementasi serta pelanggaran dan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang diterapkan dalam interaksi antara siswa selama kegiatan kerja kelompok berlangsung. Kemudian, mendeskripsikan bagaimana faktor-faktor penyebab pelanggaran kesantunan berbahasa siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik observasi, teknik catat, dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi prinsip kesantunan berbahasa pada kegiatan kerja kelompok yaitu pembukaan pembelajaran, penjelasan materi, pembagian kelompok, diskusi dengan kelompok masing-masing, kemudian presentasi dan penutup pembelajaran.en_US
dc.subjectKesantunan Berbahasa,en_US
dc.subjectKegiatan Kerja Kelompok,en_US
dc.subjectpembelajaran Bahasa Indonesia.en_US
dc.titleIMPLEMENTASI PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA PADA KEGIATAN KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP N 3 TARUTUNGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record