• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA PADA KEGIATAN KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP N 3 TARUTUNG

    Thumbnail
    View/Open
    SERINA ANGELA SITOMPUL.pdf (293.2Kb)
    Date
    2024-10-24
    Author
    SITOMPUL, SERINA ANGELA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa dalam kegiatan kerja kelompok dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP N 3 Tarutung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan implementasi serta pelanggaran dan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang diterapkan dalam interaksi antara siswa selama kegiatan kerja kelompok berlangsung. Kemudian, mendeskripsikan bagaimana faktor-faktor penyebab pelanggaran kesantunan berbahasa siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik observasi, teknik catat, dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi prinsip kesantunan berbahasa pada kegiatan kerja kelompok yaitu pembukaan pembelajaran, penjelasan materi, pembagian kelompok, diskusi dengan kelompok masing-masing, kemudian presentasi dan penutup pembelajaran.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11372
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback