Pengaruh Media Pembelajaran Pixton E-Komik Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Untuk Siswa Kelas IX SMP N 18 Medan T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pada tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain One Group Pre-Test and Post-Test. Populasi penelitian terdiri dari Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh media pembelajaran pixton e-komik terhadap kemampuan menulis teks cerpen untuk siswa kelas IX SMP N 18 Medan pada tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain One Group Pre-Test and Post-Test. Populasi penelitian terdiri dari 30 siswa dalam satu kelas, Analisis data melibatkan uji normalitas dengan uji F, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Perhitungan hipotesis dilakukan menggunakan uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil perhitungan menunjukkan thitung = 14.2789, sedangkan ttabel = 1,667. Karena thitung > ttabel, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Kesimpulannya, media Pixton E-Komik berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP N 18 Medan.