Pengaruh model (attention, relevance, confidence, satisfaction) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa fase d SMP Adhyaksa Medan T.A 2023/2024.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model arcs (attention, relevance, confidience, satisfaction) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa-siswi fase D SMP Adhyaksa Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian two group posttest only control design. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berdasarkan perhitungan angka-angka statistik dalam hasil temuanya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi fase D dengan jumlah 60 siswa dan dengan sampel penelitian ini adalah fase D-A berjumlah 30 siswa dan fase D-B berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian di kelas posttest eksperimen dan kontrol menggunakan model arcs (attention, relevance, confidience, satisfaction) dalam menulis teks eksplanasi, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 49,6 dengan simpangan baku 10,15 dan kelas eksperimen rata-rata 77,46 dengan simpangan baku 9.71. Hasil uji persyaratan data posttest di kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh Thitung < Ttabel = 0,018 < 0,161. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model arcs (attention, relevance, confidience, satisfaction) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa-siswi fase D SMP Adhyaksa Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.