PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ASSISTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Video Assisted Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan desain penelitian Two Group Post-test-Post-test Design. Dalam penelitian ini, sampel penelitian adalah kelas VIII.G dengan jumlah 31 siswa yang menjadi kelas eksperimen dengan proses pembelajaran dengan menggunakan media berbasis video assisted learning dan kelas VIII.F dengan jumlah 31 siswa yang menjadi kelas kontrol tanpa menggunakan media berbasis video assisted learning. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Sesuai dengan metode kuantitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji "t" pada taraf signifikan 0,05, maka diperoleh thitung > ttabel yaitu . Dengan demikian (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media video Assisted Learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan tahun ajaran 2023/2024.