PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERMEDIA SERBANEKA TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENULIS TEKS SLOGAN DI PADA FASE D SMP PERGURUAN TELADAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran Berdiferensiasi Bermedia Serbaneka Terhadap kemampuan menulis Peserta didik menulis Teks slogan Fase D SMP Perguruan Teladan Medan T.A.2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian two group posttest-only control design. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berdasarkan perhitungan angka-angka statistik dalam hasil temuannya. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 64 siswa dengan sampel penelitian ini adalah VIII-1 sebanyak 32 siswa dan VIII-2 sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji , uji Homogenitas dan uji Hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan postest penggunaan media Serbaneka, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 61,56 dengan simpangan baku 9,16 dan kelas eksperimen rata-rata 81,25 dengan simpangan baku 12,24. Hasil uji prasyarat data pretest dan postest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji”t”pada taraf signifikan α= 0.05 diperoleh Thitung > Ttabel = (7,1861 > 1,693). Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media serbaneka di VIII SMP Perguruan Teladan Medan T.P 2023/2024.