dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media canva sebagai sarana penyampaian materi terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa. Ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis siswa yang rendah khususnya pada materi teks negosiasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes penugasan yang berfungsi untuk mengetahui kemampuan menulis teks negosiasi siswa. Hasil penelitian ini memperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,78 dan kelas kontrol sebesar 66,12. Hasil uji persyaratan data menunjukkan data kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Dalam uji t diperoleh thitung > ttabel = 6,3618 > 1,6698. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media canva terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa. | en_US |