ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL IYAN BUKAN ANAK TENGAH KARYA ARMARAHER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Analisis Struktural Dan Nilai Edukatif Dalam Novel Iyan Bukan Anak Tengah Karya Armaraher Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Novel Iyan Bukan Anak Tengah Karya Armaraher Penerbit Skuad yang terdiri 292 halaman, ISBN 978-623-09-18, Terbitan Tahun 2023 dan siswa-siswi kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 siswa-siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik membaca, teknik simak dan teknik catat dan angket.
Hasil penelitian ini adalah menjawab 3 rumusan masalah yang diantara yaitu struktural dalam novel Iyan Bukan Anak Tengah Karya Armaraher, nilai edukatif dalam novel Iyan Bukan Anak Tengah Karya Armaraher, Implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penilaian siswa – siswi yang mengikuti menjawab pernyataan Angket implikasi nilai edukatif yang diperoleh siswa – siswi kelas VIII Smp Gajah Mada Medan setelah membaca novel iyan bukan anak tengah karya armaraher menunjukan bahwasanya dilihat dari 30 Siswa – siswi yang mengikuti menjawab pernyataan Angket diatas, Hanya 20 Siswa yang memberikan Implikasi Nilai Edukatif setelah membaca novel iyan bukan anak tengah karya armaraher dan dapat dideskripsikan nilai terendah adalah nilai 10 – 40 berada pada kategori tidak baik dan nilai tertinggi adalah 60 – 90 berada pada kategori cukup baik. Dengan demikian, Implikasi Nilai Edukatif yang diperoleh Siswa – Siswi Kelas VIII Smp Gajah Mada Medan setelah membaca Novel Iyan Bukan Anak Tengah Karya Armaraher memberikan konstribusi bagi peningkatan Implikasi Nilai Edukatif bagi peserta didik maupun pendidik.