PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STOP MOTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA PADA SISWA-SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Stop Motion Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Pada Siswa-siswi Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test and Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 188 siswa-siswi yang didistribusikan menjadi 6 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Sesuai dengan metode kuantitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung Perhitungan hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji "t" pada taraf signifikan a= 0,05. Dari data perhitungan thitung > ttabel = 2,60 >1.86 oleh karena itu, hipotesis nihil (H₂) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Stop Motion Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Pada Siswa-siswi Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.