• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Akuntansi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Akuntansi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI HIJAU DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020-2022

    Thumbnail
    View/Open
    ROSMAWANTI SITORUS.pdf (414.7Kb)
    Date
    2024-04-26
    Author
    SITORUS, ROSMAWANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan akuntansi hijau dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020- 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 28 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis sumber data adalah data data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji asumsi klasik linear berganda, uji t dan koefisien determinasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil yang diperoleh dari pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini yaitu akuntansi hijau dan tanggung jawab sosial perusahaan mampu menjelaskan sebesar 80,6 % variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa akuntansi hijau diukur dengan PROPER berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan diukur dengan menggunakan istrumen CSRI mengacu pada instrument Global Reporting Initiative (GRI) G4 berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Saran yang diberikan untuk peneliti selanjutnya yaitu menambahkan variabel lain yang tdaik terdaoat dalam penelitian in yang dianggap mempengaruhi nilai perusahaan serta menambah periode dan objek penelitian untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat. \
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10390
    Collections

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback