dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Medan semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kleas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan pembelajaran tergolong baik, sedangkan hasil belajar siswa tergolong cukup yang dapat diperoleh dari nilai rata-rata Post-test kelas eksperimen 74,84375 dengan standar deviasi 9,877016 setelah diberikan perlakuan. Dari hasil melalui uji t satu pihak untuk data Post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α = 0,05 dan dk = 62 diperoleh t_hitung = 4,3378 t_tabel = 1,669, dengan t_hitung > t_tabel. Maka H_0 ditolak dan sebaliknya H_a diterima. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2022/2023, hal tersebut dapat dilihat pada hasil belajar Pretest dan Post-test siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Blended Learning di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. | en_US |