dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Swasta Yapim Biru-Biru Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah s siswa kelas VIII SMP Swasta Yapim Biru-Biru Tahun Ajaran 2021/2022. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Simultan ( Uji-F ), Uji Parsial ( Uji-t ) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai > ( 6,945 > 2,034) untuk variabel kompetensi pedagogik guru dan (4,003 > 2,034 ) untuk variabel minat belajar belajar dan nilai signifikan < a ( 0,00<0,05 ). Kemudian uji regresi bergandaTerdapat pengaruh positif kompetensi pedagogik guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan persamaan regresi Y = 53,506 + 0,363X1 + 0,169X2. | en_US |