Browsing Pendidikan Matematika by Issue Date
Now showing items 41-60 of 625
-
Pengaruh Model Pembelajaran Glasser terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus Di Kelas VIII SMP Parulian 1 MEDAN T.A 2013/2014
(2015-02-02)Anggapan siswa bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipahami, bersifat abstrak, dan membosankan sehingga tidak mampu memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu guru perlu mencari inovasi– inovasi baru untuk ... -
PENGARUH METODE SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MEDAN T.A. 2013/2014
(2015-03-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran somatis auditori visual intelektual (SAVI) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua ... -
. Pengaruh strategi pembelajaran Genius Learning terhadap pemecahan masalah matematika siswa pada materi segitiga dikelas VII SMP Dharma Bakti Padang Bilan. Skripsi, Program Studi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan
(2015-03-25)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Genius Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siwa pada materi Segitiga Di Kelas VII SMP Dharma Bakti Padang Bulan T.A ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Dharma Bakti Padang Bulan T.A. 2014/2015
(2015-03-30)Dalam proses pembelajaran, sangat penting pemilihan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat belajar efektif dan efisien. Seorang guru harus menguasai dan memilih model yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran, ... -
“Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui metode Poster Session dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangu datar kelas VII SMP Negeri 27 Medan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-04)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui metode Poster Session pada pokok bahasan bangun datar kelas VII SMP Negeri ... -
Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas Vii SMP HKBP Sidorame Medan T.A 2014/2015
(2015-05-04)Latar belakang yang mendiring penelitain ini adalah hasil belajar matematika yang masih tergolong rendah, karena siswa saat belajar matematika biasanya merasa bosan dan tidak focus dengan aoa yang dijelaskan, siswa berpendapat ... -
Penerapan Model PembelajaranBeach Ball untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas BelajarSiswaPadaMateriSegiempat di Kelas VII SMP Negeri 3 Muara Siatas Barita SMPT.A. 2015/2016.Skripsi, Program StudiPendidikanMatematika, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-07-11)Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuan kreativitas belajarsiswapadamateri segiempatdi kelasVII-A SMP Negeri Muara Siatas Baritamelalui model pembelajaranBeach Ball. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas ... -
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open Ended Dengan Menggunakan Media Visual (Power Point) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Negeri 18 Medan
(2015-07-15)Pendekatan open ended adalah pendekatan yang menyajikan suatu permasalahan yang memiliki metode atau penyelesaian yang benar lebih dari satu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan ... -
Pengaruh Model Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Belah Ketupat dan Layang-layang di SMP Negeri 18 Medan T.P 2014/2015.
(2015-07-25)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan menggunaka media audio visual terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII pada pokok bahasanbelah ... -
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Self Directed Learning Dengan Menggunakan Media Visual (power point) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus SMP Negeri 18 Medan T.P 2014/2015.
(2015-07-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran Self Directed Learning dengan menggunaka media visual (power point) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII-6 pada ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas X SMA Swasta Bhayangkari Rantauprapat
(2015-08-11)Model pembelajaranConceptual Understanding Procedures merupakan prosedur pemahaman konsep.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruhmodel pembelajaran CUPsterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ... -
Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Persegi Panjang dan Persegi di Kelas VII SMP Nasrani 3 Medan T.A 2014/2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-08-11)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah digunakan model pembelajaran Explicit Instruction. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Nasrani ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Chalk and Talk Dengan Berbantu alat peraga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok T.A 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-08-11)Strategi pembelajaraan chalk and talk adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampian materi secara verbal dari guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran ... -
. Penerapan Model Pembelajaran Reciplocal Teaching Untuk Meningkatkankan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Theorema Phythagoras dan Garis- garis Segitiga Kelas VIII SMP Tenera Langkat T.A 2014/2015. Skripsi, Program Studi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-08-12)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran reciplocal teaching. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Tenera ... -
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NASRANI 3 MEDAN T.A 2014/2015
(2015-08-12)Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Card Sort pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Nasrani 3 Medan T.A 2014/2015. Skripsi, Program ... -
Pengaruh Strategi Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di SMP Negeri 1 Doloksanggul. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-08-12)Brain Based Learning merupakan strategi pembelajaran yang holistic untuk menciptakan pembelajaran pada upaya pemberdayaan potensi otak siswa. Dengan pendekatan atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru harus ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Feedback Partner (Umpan Balik) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bor-bor T.A 2014/2015.
(2015-08-21)Berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai penulis yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan Sistem ... -
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan Melalui Model Pembelajaran ARIAS Pada Pokok Bahasan Kubus T.A 2014/2015
(2015-08-21)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan dapat meningkat melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, ... -
Penerapan Metode Pembelajaran IMPROVE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2014 / 2015
(2015-08-26)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran IMPROVE dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Subjek dalam ... -
Penerapan model pembelajaran Joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014/2015
(2015-08-26)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan model dan Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan Penerapan model ...